Menikah memang perlu persiapan matang terutama hal keuangan, sangat diperlukan untuk mengetahui apakah kamu mau merayakan pernikahan dengan hemat atau mewah.

Biaya pernikahan butuh uang banyak, resepsi yang mewah di Jakarta berkisar antara 100 juta sampai milyaran rupiah. Menggelar resepsi pernikahan, membutuhkan dana untuk biaya sewa tempat atau gedung, pakaian pengantin, katering makanan yang akan dipilih untuk penyajian tamu yang datang di acara pernikahan bahkan seragam keluarga.

Selain persiapan secara materi tersebut, ada juga persiapan lain yang harus disiapkan seperti persiapan mental baik lahir dan batin.

Oleh karena itu, bagi para pasangan yang sedang merencanakan pernikahan harus mengetahui beberapa hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (22/2/2016):

1. Sudah punya uang berapa untuk menikah?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang paling mendasar dan paling sering ditanyakan oleh para orang tua ketika anaknya mau menikah.

Ini bukan berarti orang tua akan menyerahkan sepenuhnya atau tidak mau mengeluarkan biaya untuk membantu anaknya menikah.

Justru sebaliknya, maksud orang tua menanyakan hal ini adalah agar bila masih mengalami kekurangan dari biaya yang dibutuhkan untuk menikah, orang tua dapat membantu semampunya.

Namun ada pula yang kenyataannya orang tua menyerahkan sepenuhnya semua biaya pernikahan kepada anak, karena memang sudah tidak mampu lagi untuk membantu biaya pernikahan yang diinginkan oleh anak.

2. Setelah menikah mau tinggal di mana?

Pertanyaan ini memang tidak sering ditanyakan, namun terkadang muncul begitu saja secara spontan, dan memiliki makna yang sangat dalam seolah-olah orang tua sendiri tidak akan menerima kehadiran anaknya yang sudah menikah menjadi pengantin baru.

Namun kenyataannya, sebagian orang tua tidak bermaksud seperti itu, karena justru rumah orang tua siap menjadi tempat tinggal sementara untuk anaknya yang baru menikah hingga anaknya siap untuk hidup berumah tangga secara mandiri baik mengontrak rumah ataupun memiliki rumah sendiri.

Walaupun sebagian kecil orang tua ada yang masih tidak rela melepas anaknya untuk hidup mandiri. Tapi percayalah, sangat sedikit yang seperti itu.

3. Setelah menikah, mau langsung punya anak atau tidak?

Hal ini umumnya memang ditanyakan sesudah menikah, namun sebagian orang tua yang ingin segera memiliki cucu umumnya akan menanyakan hal ini sebelum menikah.

Sebagai anak yang baru berumah tangga atau yang akan menikah, kami sarankan cukup jawab dengan bijak bahwa kita yang merencanakan tapi Tuhan yang berkehendak memberikan keturunan.

Namun bagi yang memang sedang mengejar karir dan secara finansial belum memiliki keturunan boleh merencanakan untuk punya anak setelah dirasa mapan.

4. Mau bulan madu di mana?

Ini pertanyaan yang cukup populer dan selalu ditanyakan oleh teman atau saudara terdekat, bahkan orang tua pun ada yang menanyakan. Masa bulan madu disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki masing-masing pasangan.

Jika memang sudah ada perencanaan akan menghabiskan masa bulan madu ke luar kota atau luar negeri, maka siapkan tabungan khusus yang nantinya akan dihabiskan untuk meluangkan masa tersebut.

Bila dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan bulan madu, coba dilakukan dengan hemat seperti liburan di dalam kota saja.

sumber : www.liputan6.com



x
Link Sponsor

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: sponsors

Filename: templates/footer.php

Line Number: 27

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: templates/footer.php

Line Number: 27